1. Desimal (Basis -10) = 0 - 9
Desimal adalah Sistem Bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk melihat nilai bilangan desimal dapat digunakan perhitungan seperti berikut.
contoh bilangan desimal :
· = 859810: (8 x 1000) + (5 x 100) + (9 x 10) + (8x1) = 8598
2. Biner (Basis 2) = 0 dan 1
Biner adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 2 simbol yaitu 0 dan 1. Bilangan Biner ini di populerkan oleh John Von Neumann.
Contoh bilangan biner :
· =10012= (1x20) + (0x21) + (0x22) + (1x23) = 1 + 0 + 0 + 8 = 9
3. Oktal (Basis 8) = 0 - 7
Oktal adalah Sistem bilangan yang terdiri dari 8 Simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.
Contoh bilangan oktal :
· =10228=(2x80) + (2x81) + (0x82) + (1x83) = 2 + 16 + 0 + 152 =530
4. Hexadesimal (Basis 16)= 0- 9, A(10), B(11), C(12), D(13), E(14), F(15)
Hexadesimal (Basis 16), Hexa berarti 6 dan Desimal berarti 10 adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 16 simbol. Pada Sistem Bilangan Hexadesimal memadukan 2 unsur yaitu angka dan huruf.
Contoh Bilangan Hexadesimal :
F3D416 = (10x160) + (13x 161) + (3x162) + (15x163)
KONVERSI BILANGAN
1. .Desimal ke Oktal
a. 6710= 1038
8 67 3
8 8 0
8 1 1
0
2. .Desimal ke Hexadesimal
b. 6710= 43 16
16 67 3
16 4 4
0
3. Desimal ke Biner
c. 6710 = 10000112
2 67 1
2 33 1
2 16 0
2 8 0
2 4 0
2 2 0
2 1 1
0
§ BCD(Binary code decimal)
Pengertian Bilangan Binary Code Decimal (BCD) - Binary Code Decimal adalah sistem sandi yang umum digunakan untuk menyatakan angka desimal dalam bentuk digital. BCD juga merupakan sistem pengkodean bilangan desimal yang memiliki metode mirip dengan bilangan biner biasa, hanya saja di dalam proses konversi setiap simbol dari bilangan desimal dikonversikan menjadi satu per satu, bukan dengan keseluruhan seperti konversi bilangan desimal ke dalam biner biasa.ASCII adalah code alfanumerik yg pling populer .
§ OPERASI RELASI
1. PENGERTIAN
Operasi relasi adalah operasi yang digunakan untuk membandingkan 2 buah nilai menghasilkan kondisi benar dan salah.
2. MACAM-MACAM
= sama dengan
> lebih dari
< kurang dari
< > tidak sama dengan
> = lebih dari sama dengan
< = kurang dari sama dengan
! > tidak sama dengan
§ OPERASI LOGIKA
Operator logika biasa digunakan untuk menghubungkan dua buah ungkapan kondisi menjadi sebuah ungkapan kondisi. Operatosr-operator ini berupa :
§ OPERASI ARITMATIKA
Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi matematika, seperti penambahan, pengurangan, pembagian, dan modulo (atau sisa pembagian).
Contoh penggunaan :
+ Operator penjumlahan (juga sebagai penyambung string)
– Operator pengurangan
* Operator perkalian
/ Operator pembagian
% Operator sisa pembagian
Simbol
Nama operator
Contoh penggunaan
+
Operator penjumlahan
n = n + 1;
–
Operator pengurangan
n = n – 1;
*
Operator perkalian
n = n * 1;
/
Operator pembagian
n = n / 1;
%
Operator sisa pembagian
n = n % 1;
+
Operator penyambung string
n = “saya “+”tidur”;
§ MULTIPLEXER
Multiplekser adalah sebuah perangkat yang dapat menyalurkan beberapa jalur data ke satu jalur luaran. Multiplekser mempunyai satu atau banyak sinyal masukan yang telah terhubung pada masukannya. Pemilihan saluran masukan dilakukan oleh sinyal kontrol.
§ DECODER
Adalah untuk mengidentifikasi , mengenali suatu code tertentu dalam suatu sistem digital perintah-perintah ataupun dikirim dengan deretan denyut (pulsa) ataupun tingkatan -tingkatan biner.
§ Register
Register adalah rangkaian logika yang digunakan untuk menyimpan data. Dengan kata lain, register adalah rangkaian yang tersusun dari satu atau beberapa flipflop yang digabungkan menjadi satu.
Flipflop disebut juga sebagai register 1 bit. Jadi untuk menyimpan 4 bit data, register harus terdiri dari 4 buah flipflop.
§ FLIP-FLOP
Adalah keluarga multibrator yg mempunyai 2 keadaan stabil atau disebut bistabil multibrator .
-RANGKAIAN :
§ ALU (Aritmatic Logical Unit)
Adalah komponoen dalam system computer yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatic dan logika.
Fungsi : untuk melakukan sesuatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika.
3 jenis Adder :
1. Half Adder : rangkaian elektronika yang bekerja melakukan perhitungan penjumlahan 2 buah bilangan biner, yang masing – masing terdiri dari 1 bit.
2. Full Adder : rangkaian elektronika yang menjumlahkan 2 bilangan yang telah dikonversikan kedalam bilangan biner dengan nilai carry out dari penjumlahan bit sebelumnya.
3. Parelel Adder : rangkaian penjumlahan dan 2 bilangan yang telah dikonversikan ke dalam bentuk biner.
Symbol dan kebenaran dari half adder :
§ ORGANISASI KOMPUTER
v Organisasi komputer adalah bagian yg terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya .
v Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer .
1. PERBEDAAN ORGANISASI DENGAN ARSITEKTUR KOMPUTER
v Arsitektur komputer cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yg terkait dengan seorang programer.
v Organisasi komputer adalah bagian yg terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya .
2. STRUKTUR DAN FUNGSI UTAMA KOMPUTER
· STRUKTUR : CENTRAL PROCESSING UNIT(CPU) berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan.
· MEMORY UTAMA berfungsi sebagai penyimpanan data.
· I/O berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainya.
· SYSTEM INTERCONNECTION merupakan sistem yg menghubungkan CPU, MEMORI UTAMA, DAN I/O
3. FUNGSI UTAMA KOMPUTER
· Pengolahan data
· Penyimpanan data
· Pemindahan data
4. Konsep Dasar Operasi Komputer
· software untuk mengontrol dan mengkoordinasikan penggunaan hardware berbagai aplikasi untuk kebermacam-macam pengguna.
§ Struktur mesin Van Neuman
§ Sejaran perkembangan teknologi system computer dari generasi ke generasi.
GENERASI PERTAMA (1945-1955) bernama ENIAC.
GENERASI KEDUA (1955-1965) bernama UNIVAF.
GENERASI KETIGA (1965-1980) menggunakan IC dan transistor.
GENERASI KEEMPAT (1980-2000) bernama computer.
GENERASI KELIMA (2000-sekarang) komputer masa depan.
Media penyimpanan data eksternal.
1. MAGNETIK DISK
· Yaitu piringan bundar yg terbuat dari bahan tertentu dengan permukaan yg dilapisi bahan yg dpt di magnetasi.
ex : harddisk, floppydisk, disket, memory card, flash disk.
a. metode silinder.
· yaitu pengalamatan berdasarkan nomor silinder, nomor permukaan dan nomor record
b. metode sector.
· yaitu pengalamatan recordnya berdasarkan nomer sektor, nomor track, nomor permukaan .
komponen : spindle, cakram magnetik, read-write head, enclosure, intertacing module.
2. OPTICAL DISK
· Yaitu media penyimpanan data elektronik yg dpt ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah .
jenis-jenis :
Ø CD( COMPACT DISK)
Ø DVD(DIGITAL VIDEO DISK)
Ø BLUE RAY
Ø FM DISK ( FLUERESCENT MULTILAYER DISK)
Ø CD-ROM
3. PITA MAGNETIK
· Adalah salah satu penyimpanan eksternal yang menggunakan pita magnetik yg terbuat dari plastik.
Fungsi :
Ø untuk media penyimpanan.
Ø untuk alat input/output.
Ø untuk merekam audio, video.
4. KARAKTERISTIK SYSTEM MEMORY
1. LOKASI
Ø memory local/register
Ø memori internal/memory primer/memory utama.
Ø memori eksternal/sekunder
2. kapasitas
Ø kapasitas register dinyatakan dalam bit.
Ø kapasitas memory internal dinyatakan dalam bentuk byte(1 byte=8bit)/word.
Ø kapasitas memory eksternal dinyatakan dalam byte.
§ RAID (RADUDANT ARRAY OF INDEPENDENT DISK)
Tujuan untuk meningkatkan keandalan(reabilitas)yang sangat penting untuk melindungi informasi beberapa lahan bisnis.
Contoh Basis datanya:
Ø satuan transfer=memory internal & eksternal.
Ø metode akses=sequentaral acces,diret acces,random acces,associative acces.
Ø kinerja=acces time,lyae time,transfer rate.
Ø tipe fisik=memory semi konduktor & permukaan magnetik.
Ø karakter fisik=volatile dan non volatile,erasable dan non erasable.
§ Pengertian :
§ Inboard memory adalah memory yang dapat diakses langsung oleh processor inboard memory.
§ Outboard storage adalah penyimpanan yang memiliki kapasitas lebih besar dari pada inboard memori dan bersifat non voltaile serta digunakan dalam kurun waktu tertentu.
§ Off-line storage termasuk tergolong dalam penyimpanan yang lambat karena masih menggunakan pita magnetik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar